Wisata Alam Telaga Biru

Telaga biru ini hanyalah bekas tambang batu. Ya, hanya bekas tambang batu, dan sekarangpun masih ada aktifitas pertambangan. Awalnya ini hanyalah sebuah bukit, atau gunung yang di manfaatkan oleh warga sekitar untuk di ambil batunya dan dijadikan kerajaninan. Seiring berjalannya waktu, bukit tersebut semakin hari semakin terbelah dan mulai hilang. Entah ini termasuk eksploitasi alam atau bukan.
Jalanmakanindonesia.blogspot.com-telaga-biru
Namun, sisa-sisa pertambangan ini menghasilkan sebuah Wisata baru diGunungkidul yang sangat indah. Lubang-lubang lebar yang luas dan curam dikelilingi bebatuan itu kini telah berubah menjadi sebuah telaga yang berisi air hujan. Sehingga warga sekitarpun menyebutnya adalah Telaga Biru.

Kenapa tempat ini disebut telaga biru ? Karena memang warna airnya kebiru-biruan. Sebenarnya di telaga ini ada beberapa telaga, dan warna airnya berbeda. Jika kita melihat atau menikmati pemandangan Telaga ini dari bukit Gunung, sekilas seperti Telaga Tiga Warna. Karena memang ada 3 telaga yang dipenuhi air dan warna airnya pun berbeda.

Telaga Biru terletak diujung utara perbatasan Kabupaten Gunungkidul dengan Jawa Tengah. Sekitar 25 km dari pusat kota Wonosari, tepatnya di Dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul. Jika kalian dari arah Wonosari, Telaga Biru bisa di tempuh selama 36 menit dengan menggunakan motor, dan kecepetan rata-rata antara 60km/jam.

Rute menuju menuju Telaga Biru adalah Wonosari-Semin-Watu kelir. Jika anda dari arah Wonosari, silahkan anda ambil jalan menuju pasar semin. Nah jika sudah sampai pasar semin, ambillah jalan yang menuju ke Watu Kelir. Kalau dari arah semin menuju Watu Kelir ini maka bisa dikatakan kearah utara.

Sebelum watu kelir, anda akan menjumpai Gapura selamat datang di Gunungkidul, atau perbatasan Gunungkidul dengan Jawa Tengah yang masih dalam tahap pembangunan. Nah dari Gapura perbatasan tersebut Telaga biru masih lurus. Tapi kami sarankan untuk pelan-pelan.

Sekitar 1 Km dari gapura tersebut ada jembatan, dan pas disetelah jembatan tersebut silahkan ambil kanan, jalanannya cor blok. Silahkan lurus saja, setelah 300 silahkan ambil kiri. dan sekitar 200 meter sampailah di Telaga biru tersebut.

Satu lagi yang istimewa dari telaga biru adalah gratis, yaa untuk anda mengunjungi tempat wisata ini anda tidak akan dipungut biaya, dan jika anda membawa kendaraan kesana anda akan dikenaka biaya hanya Rp.2000.

Satu pesan dari kami jika anda berwisata kemana pun itu biasakan diri anda untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat anda berwisata.

Iklan
Tagged with: ,
Ditulis dalam Wisata Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

In Archive
%d blogger menyukai ini: